Pilih mana, iklan di Facebook, Instagram, atau Google Ads?

Facebook, Instagram, dan Google merupakan media digital raksasa yang memiliki trafik miliaran setiap hari. Hal tersebut menjadikan ketiganya sebagai media beriklan yang tepat untuk memasarkan produk dan bisnis.

Lantas bila ditinjau dari sisi media periklanan sebenarnya mana sih yang paling tajam? Sebelum kita membahas mengenai ketiga media tersebut sebaiknya pahami terlebih dahulu mindset masing-masing baik itu mindset di Facebook atau di Google Ads.

Ketika memilih media beriklan sebelumnya harus disesuaikan dengan bisnis masing-masing karena dari sisi ketiga media tersebut memiliki spesialis masing-masing. Berikut beberapa alasan dari masing-masing platform:

GOOGLE ADS SEM

Beriklan di Google Ads terutama SEM cocok untuk bisnis yang banyak dibutuhkan oleh orang dengan penuh pertimbangan, misalkan jual rumah, jual mobil, dan lain sebagainya yang sifatnya jangka panjang maupun jangka pendek. Beberapa contoh iklan yang cocok untuk iklan Google Ads SEM adalah Bisnis Properti, jual beli mobil, rental mobil, percetakan, engineering, jasa service AC, dan jasa layanan lain yang sifatnya urgent.

Jadi dalam iklan SEM itu sifatnya adalah yang dibutuhkan, baik itu mendadak ataupun terencana.

IKLAN FACEBOOK & INSTAGRAM

Facebook & Instagram merupakan dua platform dalam satu dashboard, karena memang dalam satu company milik mark zuckerberg. Berbeda dengan platform lainnya seperti Google, di Facebook dan Instagram memiliki sistem funnel yang memudahkan goal dari setiap advertiser. Maksud dari sistem funnel disini adalah objective (tujuan beriklan) dari si pengiklan, misalkan Anda ingin beriklan awareness maka di Facebook maupun Instagram bisa memilih objective Awareness dengan mengoptimalkan reach dan impressi. Begitupun ketika Anda ingin traffic ke website maka bisa memilih objective traffic di sistemnya sehingga iklan akan menghasilkan traffic yang tinggi.

Sistem funnel di Facebook & Instagram terbagi dalam 3 fase yaitu Awareness, Consideration, dan Conversion. Perhatikan gambar dibawah:

Sistem funnel yang bisa dipilih

Jadi Anda bisa memilih iklan sesuai tujuan Anda karena dari signal Facebook akan mengarahkan iklan Anda ke objective yang dipilih. Lantas kapan kita beriklan di Facebook maupun Instagram? Alasan apa kita mesti iklan di Facebook dan Instagram?

  1. Iklan Facebook & Instagram cocok untuk semua kelas dan semua target wilayah di kota maupun di desa.
  2. Facebook Cocok untuk semua kalangan baik menengah kebawah maupun menengah keatas. Sedangkan Iklan Instagram saat ini lebih dipakai kalangan perkotaan di kelas menengah keatas, mungkin kedepannya bisa seperti Facebook yang menyasar semua kelas.
  3. Iklan Facebook & Instagram cocok untuk barang-barang yang sifatnya retail seperti perabotan rumah, aksesoris, kerudung, busana, dll dengan harga tidak terlalu mahal.
  4. Iklan Facebook & Instagram sebenarnya cocok juga untuk bisnis di perumahan tetapi dengan memilih objective lead form, ini akan mengoleksi data bagi mereka yang berminat akan perumahan.
  5. Iklan Facebook dan Instagram memiliki jangkauan yang lebih pasti sehingga Anda bisa sekaligus mengukur berapa reach iklan akan dijangkau.

Demikian beberapa pertimbangan ketika Anda akan menjalankan iklan di Google SEM maupun di sosial media seperti Facebook & Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *